Rabu, 07 November 2012

Merk Gitar Jackson

1. Jackson


Jackson adalah merek gitar listrik terkenal yang menyandang nama pendirinya Grover Jackson.
Berawal dari  Wayne Charvel yang menjual Charvel Guitar Repair dari Glendora, California pada tahun 1970 untuk memperkuat bisnis Charvel.

Dengan kepemilikannya sendiri, Jackson tidak tertarik mempertahankan nama lama. Lalu lahirlah Jackson Guitars. Dari tahun 1979 sampai 1986 perusahaan yang berlokasi di San Dimas, California. Mereka membuat gitar di lokasi ini sampai kemudian perusahaan ini bergabung dengan IMC, atau International Music Corporation. Kini, Fender memegang hak atas label Charvel dan pabrikan gitar yang sama dengan model awal yang dibuat di lokasi San Dimas.
      Sepanjang kejayaan musik heavy metal tahun 1980an, merek Jackson termasuk salah satu yang mempunyai kwalitas tinggi, buatan amrik dan diendors oleh gitaris terkenalGitar Jackson yang juga paling dikenal dengan gitar Rhoads-V yang mereka buat dengan mendiang Rhandy Rhoads, mantan gitaris Quiet Riot dan kemudian Ozzie Osborne. Randy Rhoads memiliki penggemar setia sehingga gitar ini cukup banyak diburu.

 Tahun 1990an, membawa perubahan trend musik. Gitar Jackson mulai memproduksi gitar yang lebih murah, yakni versi Asian made. Dengan design yang dibuat lebih menarik dan dapat diakses oleh pembeli sampe kalangan bawah.
Tahun 2002, Fender Musical Instrument Corporation membeli Jackson/Charvel, dan operasionalnya dipindahkan ke pabrik Fender di Corona, California.
Tentang gitar Jackson:
- Dari dulu sampe sekarang, gitar Jackson mempunyai ciri khas yang ramping, designnya elegan, dengan motif fitur yang agressif, cocok dan identik dengan musisi hard rock dan metal.
- Gitar Jackson “Profesional series” adalah sebuah tanda yang menunjukkan versi Jepang, yang terbuat dari banyak model Amrik yang populer. Jadi semua gitar Jackson dengan tanda “Profesional” di headstocknya itu dibuat di Jepang.
- Gitar Jackson “Performer” adalah tanda yang menunjukkan model lama Jackson, yang diproduksi selama pertengahan 1990an di pabrik2 Asia (awalnya Korea, kemudian Jepang).


Musisi2 terkenal dan endorser Jackson diantaranya:
Phil Collen (Def Lepard), Mark Morton(Lamb of God), Dave Murray dan Adrian Smith (Iron Maiden), Dave Mustaine (Megadeth), Pat O’Brie (Cannibal Corpse), Criss Oliva (Savatage), Mille Petrozza (Kreator), Twiggy Ramirez (Marilyn Manson), Randy Rhoads (Ozzy Osbourne dan Formerly Quiet Riot), James Root (Slipknot dan Stone Sour), Antonio Rucci of (Count Your Blessings), Richie Sambora (Bon Jovi), dan masih banyak lagi termasuk juga Prisa ( gitaris cewek Indonesia).
Richie Sambora (Bon Jovi)

Twiggy Ramirez (Marilyn Manson)

Prisa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar