Rabu, 07 November 2012

Merk Gitar Gibson

Gibson
Orville H. Gibson (1856, Chateaugay, New York – 21 Agustus 1918, Ogdensburg, New York) adalah seorang luthier (ahli reparasi senar) yang mendirikan Gibson Guitar Corporation di Kalamazoo, Michigan pada tahun 1902. 
Ia ahli pembuat gitar, mandolin dan instrumen lainnya.

  
     Les Paul adalah sosok pencetus yang berhasil mengubah wajah musik modern lewat penemuannya dalam pengembangan alat musik gitar. Dulu orang mengenal Paul sebagai seorang musisi sebelum dia menjadi seorang penemu. Dia juga sempet gabung dalam grup musik Les Paul Trio.  Bersama perusahaan gitar ternama Gibson, dia merilis sebuah gitar Les Paul Goldtop, kemudian diikuti Les Paul Custom dan Les Paul Standard yang sering dimilikioleh gitaris populer masa kini.
Gibson Les Paul punya Slash


Keluarga Gibson Guitar, adalah termasuk merk: Epiphone, Dobro, Valley Art, Kramer, Steinberger, Oberheim, Tobias, Singerland, Maestro, Take Anywhere Technonolgy, Echoplex, Electar Flatiron, dan banyak lagi.
Beberapa musisi yang pake gitar gibson diantaranya adalah Jimmy Page, Slash (GNR, Velvet Revolver, Snakepit), James Hetfield (Metallica) 

     Ada jenis gitar Gibson yang dapat menyetem dirinya sendiri (self-tuning guitar). Sebuah instrumen gitar yang dapat mendeteksi kesalahan nada sebuah dawai gitar secara otomatis dan langsung mengubah setelan senar tersebut ke pitch nada yang benar. Alat diciptakan agar mampu menyimpan enam macam jenis tuning gitar favorit gitarisnya. Gitar ini dijuluki Gibson Robot Guitar… tersedia dalam 2 versi, Gibson Les Paul dan Gibson SG. Didemokan oleh Mike Peters, vokalis dan gitaris dari grup musik The Alarm, band besar dari Wales di era 1980-an yang terkenal dengan lagu rock “Sixty-Eight Guns”.

Sekilas tentang gitar Gibson:
- tonenya, rock abis.
- kalo udah dikasih distorsi pasti berat suaranya, mantep deh… 
- mid sama treblenya juga pas banget.
- Soal harga sih emang sedikit mahal.. tapi kan bergengsi…hehe.. asli, ini soal selera juga kan..
- ada beberapa serial gibson yang pas buat cewek (LP Goddess, SG Goddess, LP Vixen). 
- kalo harga yang rada murah bisa pilih yang serinya Epiphone.
- kualitas pengerjaan juga perfect.
- akses ke fret tinggi rada susah (buat yg LP), tapi kalo SG maen sampe fret bawah pasti    nyampe..
- agak sedikit berat buat yang keluaran Les Paul ( >6kg-an), tapi yang SG rada ringanan kok.. 

Guitar Gibson Les Paul Goddess (pas buat cewek)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar