Rabu, 07 November 2012

Merk Gitar ESP

2. ESP

 Pada tahun 1975, Hisatake Shibuya membuka toko yang disebut Electric Sound Products (ESP) di Tokyo yang menyediakan suku cadang kustom untuk gitar. Pada tahun 1976, ESP mendapat reputasi sebagai penyedia komponen pengganti berkualitas tinggi. Dan saat itu ESP juga mulai memproduksi gitar di bawah dan Navigator merek ESP di pasar Jepang.
Suku cadang ESP pertama kali diperkenalkan ke AS pada tahun 1983. ESP mulai menyusun instrumen custom untuk musisi lokal New York, antara tahun 1984 dan 1985. Di antaranya musisi2 itu adalah Page Hamilton (Helmet), Vernon Reid (Living Warna), Vinnie Vincent & Bruce Kulick (KISS ), dan Ronnie Wood (The Rolling Stones). Pada saat ini, ESP juga memperkenalkan Seri 400 sebagai lini produksi yang pertama didistribusikan di AS .
Pada tahun 1986, George Lynch menemukan ESP saat tur di Tokyo. Lynch masuk ke sebuah toko ESP mencari neck pengganti dan mengetahui bahwa ESP juga menyediakan gitar custom. Akibatnya dibuatlah ESP yang terkenal yaitu  ESP Kamikaze. ESP segera memperkenalkan Standar M1, MI Custom, Horizon Custom, dan bass Surveyor ke pasar.


Pada tahun 1993, ESP memindahkan kantor pusatnya lagi tapi kali ini pindah ke Los Angeles. Di sana, ESP membuka kantor di Sunset Blvd. di Hollywood . Pada tahun 1996, LTD diciptakan untuk menghasilkan produk ESP berkualitas tinggi. Namun beberapa saat setelah pengenalan LTD Korea dan Indonesia made, ESP menghentikan penjualnnya yang mayoritas instrumen buatan Jepang andalannya di Amerika Serikat karena harga masalah ekspor ke Amrik.

ESP Iron Cross

Pada tahun 2002, ESP berkempang pesat dan menduduki peringkat atas di industrial instrumen musik. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh pembelian Fender dari Jackson Guitars , yang merupakan salah satu saingan ESP sepanjang tahun 1980 dan 1990-an.
Dengan adanya peristiwa itu, banyak Jackson endorser beralih ke ESP, karena desain mereka sangat menarik, dan hampir menyerupai aslinya baik dari segi kwalitas gitar dan bassnya. Hal ini telah memicu sebuah perseteruan antar sesama players. Players Jackson menganggap ESP sebagai instrumen rendah dan menjiplak, sedangkan ESP mengatakan hal yang sama tentang Jackson.

Beberapa musisi yang meninggalkan Jackson untuk berpaling ke ESP adalah termasuk Dave Mustaine (Megadeth), Adam Darski (Behemoth), Alexi Laiho dan Latvala Roope (Children of Bodon), Dan Jacobs dan Travis Miguel (Atreyu), Galder dan Silenoz (Dimmu Borgir).
Adam Darski (Behemoth)
Galder dan Silenoz (Dimmu Borgir)


Tentang ESP:
- ESP adalah salah satu produk gitar yang terkenal di era musik Trash Metal pada 1980an disamping Jackson.
- Musisi2 klas dunia yang menggunakan ESP (endors) diantaranya adalah:
Michael Paget (Bullet for My Valentine), Michael Devin (white Snake), Rob Caggian (Anthrax), Damian Marley (anaknya Bob Marley), Aaon Julison (Kid Rock), dsb. Dan juga musisi yang sebelumnya dari Jackson: Dave Mustaine (Megadeth), Adam Darski (Behemoth), Alexi Laiho dan Latvala Roope (Children of Bodon), Dan Jacobs dan Travis Miguel (Atreyu), Galder dan Silenoz (Dimmu Borgir).
 

- Produk ESP Original series mempunyai 3 seri utama, yaitu tipe Edward, Grassrot dan Navigator.
ESP seri Edward menghasilkan tone yang sedang hingga tinggi mirip seperti ESP Seri Standard.

ESP seri Grass Root lebih ke segment “value oriented” dan sepertinya seri Grass Roots adalah versi generik dari versi LTD.



ESP Navigator adalah versi replika dari gitar dan bass Gibson ataupun Fender.



- Ada lagi beberapa model seri gitar ESP, seperti Model Truckster-nya James Hetfield, dibuat sebagai penghormatan hari jadi perusahaan yang ke 30. Model lainnya seperti, AX series, Standard Series, Mirage Series, Xtone Series, dan Signature Series.
Tergantung dari target pasar (yakni Asia, Amerika, Eropa) dan merek (ESP, LTD atau Xtone), berbagai model diatur dalam seri pemasaran.



3 komentar:

  1. Salam kenal semua, bagi penggemar gitar yg ingin mengasah permainan gitar secara lengkap silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Mau nanya mohon blz apa bner harga gitar esp jakson fender mahal2 puluhan juata saoalnya saya kerja di samick indonesia

    BalasHapus