Rabu, 19 September 2012

Chromatic Fingering

Dalam istilah bahasa musik Fingering adalah latihan jari tangan.Fingering selalu menjadi bahasan awal dalam belajar gitar.Alasan utama adalah bahwa bermain gitar membutuhkan kelincahan jari jemari tangan.Berdasarkan sifat otot manusia yang elastis dan fleksibel jadi membutuhkan pola latihan yang terus menerus agar otot selalu terjaga kelenturannya.Ibarat otot manusia itu seperti karet gelang, apabila karet gelang tersebut sering kita tarik.Maka karet tersebut akan sangat elastis.Begitu juga dengan otot manusia khususnya otot jari tangan.Untuk menjaga kelenturan otot jari tangan dalam bermain gitar, maka itu di perlukan fingering yang terus menerus agar otot tangan tidak menjadi kaku.Hal ini berlaku bagi setiap gitaris, baik yang profesional maupun yang baru mulai belajar.Banyak bentuk latihan fingering untuk gitar dan bass, namun dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang chromatic fingering.

Apa yang dimaksud dengan chromatic fingering……? adalah latihan jari dengan menggunakan tangga nada chromatic yang berjarak half step ( setengah ) pada fretboard.
Berikut beberapa bentuk latihan chromatic fingering.Gunakan metronome untuk mendapatkan speed yang maksimal.Latih dalam tempo lambat  lalu naik secara bertahap.Gunakan alternate picking ( arah petikan ke bawah dan ke atas ).
 1.Fixed position

Latih juga pada posisi fret lainnya …..


2.Moving position


3.Chromatic scale

saran : untuk hasil yang maksimal, latihlah setiap hari min 15 menit.Jadi sebelum melakukan aktivitas bergitar usahakan fingering terlebih dahulu.
Selamat mencoba …………..

1 komentar:

  1. Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar secara lengkap, silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com
    Terimakasih

    BalasHapus