Sabtu, 22 September 2012

Cara Merawat Gitar

Cara Merawat Gitar
Tidak semua orang mengerti bagaimana cara merawat gitar yang baik dan benar, karena jika Anda salah memberikan perlakuan kepada gitar Anda bisa-bisa beberapa bulan kedepan Anda sudah tidak bisa memainkan gitar Anda, dikarenakan rusak. Jangan sampai hal itu terjadi pada gitar kesayangan Anda.


Cara Merawat Gitar
Sama seperti mobil, motor dan benda lain gitar juga mempunyai perawatan khusus. Sebenarnya merawat gitar tidaklah terlalu sulit, Anda cukup meluangkan waktu kurang dari 1 jam per minggu untuk merawat gitar Anda. Untuk pemula memang sulit meluangkan waktu 1 jam saja, karena mungkin kita lupa. Tapi jika Anda sudah terbiasa melakukan hal tersebut, maka itu akan menjadi pekerjaan yang sangat mudah.

Di bawah ini saya akan memberikan 6 tips yang sebaiknya Anda laksanakan untuk merawat gitar, dan juga larangan-larangan yang sebaiknya tidak Anda lakukan pada gitar Anda.

Inilah 6 tips cara merawat gitar yang sebaiknya anda laksanakan untuk merawat gitar Anda :
 

1. Bersihkan body gitar

Ini memang kelihatan hal yang sepele, tapi jika Anda tidak pernah membersihkan body gitar Anda itu akan membuat cat di body gitar rusak dan gitar Anda akan kelihatan dekil. Hal itu juga bertujuan agar tangan kita tidak kotor karena memainkan gitar yang dekil.

2. Mengganti Senar Gitar

Apabila senar gitar Anda sudah tak layak dipakai sebaiknya Anda mengganti senar gitar Anda dengan senar yang baru. Ini sangat penting karena jika senar Anda sudah berkarat dan masih Anda pakai bisa-bisa tangan Anda akan terkena penyakit. Jangan sampai hal itu terjadi pada Anda. Dan ingat saat mengganti senar sebaiknya Anda mengganti ke-6 senarnya sekaligus, ini bertujuan agar gitar Anda tidak berbunti fals, karena senar yang berbeda-beda. Ciri-ciri senar yang sudah tidak layak dipakai biasanya suara senar fals (cempreng) dan lilitan kawat pada senar bass mengelupas.

3. Membersihkan Senar Gitar

Biasakanlah membersihkan senar gitar Anda. Membersihkanyapun tidaklah sulit cukup dilap dengan kain lembut. Lebih bagus bila Anda menggunakan cairan pembersih khusus untuk senar. Anda bisa mendapatkanya di toko musik.

Dengan membersihkan senar gitar akan membuat kotoran-kotoran pada senar gitar hilang. Kotoran pada senar gitar sangat berpengaruh pada kualitas suara gitar. Coba Anda bandingkan suara senar gitar yang bersih dengan suara senar gitar yang penuh dengan kotoran. Hasilnya tentu saja, senar gitar yang bersih mempunyai suara yang lebih jernih dari pada senar yang penuh dengan kotoran. Kotoran pada senar gitar berasal dari keringat tangan Anda yang bercampur dengan debu.

4. Memasukannya ke dalam tas Gitar

Setelah Anda memakai gitar Anda sebaiknya Anda memasukannya ke dalam tas khusus gitar. Ini akan membuat gitar Anda terlindung dari debu dan kotoran diluar. Anda bisa membelinya di toko musik. Ada beberapa jenis tas gitar, kebanyakan orang memakai tas softcase karena lebih ringan dan mudah untuk dibawa kemana-mana. sedangkan hardcase yaitu tas gitar yang dapat memberikan perlindungan total baik dari guncangan maupun dari debu dan kotoran.

5. Membersihkan fretboard Gitar

Membersihkan fretboard adalah hal yang susah-susah gampang karena saat Anda akan membersihkan frerboard akan terhalang oleh senar. Maka dari itu saat Anda ingin membersihkan fretboard lepaskan dahulu semua senar pada gitar, baru setelahnya Anda bersihkan. Hal yang harus Anda ingat adalah jangan membersihkan fretboard gitar Anda dengan Amplas, karena itu justru akan membuat fretboard gitar Anda kasar dan merusak serat kayu. Sebaiknya Anda membersihkanya dengan kain lap, lebih bagus jika Anda menggunakan cairan pembersih.

6. Kendorkan senar gitar saat tidak dipakai dalam waktu lama.

Saat anda ingin menyimpan gitar Anda, sebaiknya kendorkan senar gitar terlebih dahulu sebelum menyimpanya, hal ini berguna agar leher gitar tidak melengkung. Baru setelah itu Anda simpan gitar di tempat yang aman dan terbebas dari air dan tikus dan Rayap. Air akan membuat logam pada gitar Anda berkarat, sedangkan tikus biasa memakan tas gitar dan rayap akan memakan body gitar Anda.

Ke-enam cara diatas adalah anjuran yang sebaiknya Anda laksanakan untuk merawat gitar Anda, sedangkan larangan-larangan yang tidak boleh Anda lakukan pada gitar Anda adalah :

1. Menyetel senar gitar Anda terlalu kencang

Menyetel senar gitar terlalu kencang akan membuat leher gitar Anda melengkung. Dan juga akan membuat senar anda tidak tahan lama. Biasakan untuk menyetel (stem) senar yang standar.
2. Membanting gitar Anda
Jika Anda suka melihat gitaris-gitaris metal yang suka membanting gitarnya sebaiknya Anda tidak mempraktekanya pada gitar Anda jika ingin gitar Anda awet.
3. Menjemur gitar Anda di terik matahari
4. Memandikan gitar Anda
5. Menyeret gitar Anda
6. Membakar gitar Anda

7. Memakan gitar Anda
8. Dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar